Rabu, 19 September 2012

Ayam Sombong

Ayam Serama     
    Sejarah Ayam Serama bermula pada penggemar ayam hias dari Malaysia , pada tahun 1971. Si penggemar tersebut menyilangkan ayam kapan- ayam kate jangkung- dengan ayam english game. Ayam Kapan mempunyai tinggi namun sayapnya yang menjuntai ke bawah sedangkan ayam english game adalah ayam adu dari Inggris yang memiliki dada yang membusung. Semakin membusung dada ayam serama berarti semakin mahal.Sayangnya sifat galak pada english game menurun pada Serama. Karena hasil persilangan tersebut tidak memuaskan, Wee menyilangkan ayam silangan tersebut dengan ayam kate jepang atau chaebo. 

       Kemudian, si penggemar tersebut menyilangkan dengan ayam kate kapas atau silky bantam. Hasilnya adalah Serama dengan bulu halus. Ayam yang dihasilkan juga menjadi lebih pendek. 
        Kita juga bebas berkreasi dengan ayam kate jenis lain. Kita bisa kawinkan dengan katai jambul namun hingga saat ini belum ada serama jambul. Kita haruis melakukan seleksi jika mau menyilangkan ayam ini dengan ayam lain. Perhatikan staadanra Serama yang tidak boleh lebih dari 500 gram. Kadang juga kita akan mendapatkan keturunan Serama mempunyai kaki yang lebih tinggi. Hal ini karena genetic dari leluhurnya muncul kemabli pada turunannya. 
Kini Ayam Serama menjadi pilihan ayam hias karena ukuran yang kecil bisa dipelihara ditempat yang terbatas. Kadang kandang burung atau kandang kucing juga bias digunakan untuk pelihara ayam ini, dan yang paling utama adalah kita harus menyayangi hewan yang kita sayangi agar hewan tersebut dapat menyayangi kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar